↑ Kembali ke Sumber Daya Alam

Penjelasan SDA

 Pengertian Sumber Daya Alam

Apa itu sumber daya alam? Sumber daya alam merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan potensi yang terdapat di alam yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

 

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam berdasarkan proses terbentuknya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
1. Sumber daya alam abiotik yang terbentuk berdasarkan proses alamiah dan membutuhkan jangka waktu yang lama dengan intensitas tertentu, seperti minyak bumi, batu bara, dan emas.
2. Sumber daya alam biotik yang terbentuk berdasarkan proses berkembang biak, dan membutuhkan waktu yang relatif singkat. Sumber daya alam berdasarkan letaknya dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
    1. Sumber daya alam yang berada di atas permukaan bumi, seperti energi matahari dan udara.
    2. Sumber daya alam yang berada di permukaan bumi, seperti air, tanah, pertanian, perternakan dan hutan.
3. Sumber daya alam yang berada di bawah permukaan bumi, seperti, barang tambang dan mineral. Sumber daya alam berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
    1. Sumber daya alam yang tidak terbatas yaitu sumber daya alam yang jumlahnya tidak dapat dihitung, seperti udara dan sinar matahari.
    2. Sumber daya alam yang terbatas yaitu sumber daya yang jumlahnya sedikit dan dapat habis, seperti minyak bumi dan batu bara.