↑ Kembali ke Profil

SDA Kota Malang

Wilayah Malang Raya dikelilingi gunung-gunung api seperti Semeru, Kawi, Bromo, dan Arjuna Welirang. Banyaknya gunung api di Malang membuat sebagian besar tanah di Malang subur karena endapan vulkanik yang dapat menyuburkan tanah, sehingga hal ini menjadikan Malang menjadi ladang bisnis pertanian dan perkebunan. Tidak hanya pertanian dan perkebunan, banyaknya gunung api di Malang dapat dijadikan sumber energi geothermal sebagai energi alternatif, mengingat sekarang minyak dan batubara sedang lesu, dan pemerintah berharap segera adanya energi terbarukan. Di Malang sumber panas bumi tidak hanya di gunung api saja, ada pula daerah berpotensi seperti Songgoriti dan Canggar yang saat ini menjadi daerah wisata pemandian air panas.

Malang juga memiliki potensi sumber air, saat ini perusahaan air minumĀ  banyak mencari sumber air di Malang, saat ini saja perbatasan Malang-Pasuruan (Pandaan) digunakan perusahaan air minum Aqua, Cheers, Tirta, dll. Pencarian sumber air juga masih berjalan hingga sekarang. Daerah Malang selatan memiliki potensi bahan tambang mineral berharga seperti emas, perak, tembaga, pasir besi, dll. Adapula potensi semen/gamping dan bahan bangunan yang tersebar di daerah Malang Raya.

Potensi-potensi tersebut belum digunakan secara maksimal, dan masih butuh eksplorasi lebih lanjut. Saya kelak berkeinginan untukĀ  membantu mengembangkan potensi tersebut, dan mengelola kekayaan alam tersebut dengan bijak. Saat ini saya berambisi untuk masuk jurusan geologi dan kelak ingin membentuk relasi sebanyak mungkin terutama dengan teman antar jurusan, bisa dengan cara menjadi anggota himpunan, mengikuti unit-unit, saya ingin mengkaji bersama teman-teman saya tentang potensi SDA di Malang.